Diposting oleh Warungnet on 17.06
Label:

Siapa yang tidak kenal dengan Pencak Silat?... keterlaluan apabila sampai tidak hapal dengan salah satu kesenian bela diri yang ada di Indonesia ini. Kalau benar-benar tidak tahu apa itu Pencak Silat, maka disini saya akan memberikan sedikit ulasannya.
Pencak Silat terdiri dari dua kata yaitu Pencak dan Silat, yang kedua kata ini memiliki arti yang sama dan sering digunakan oleh Pribumi Asia Tenggara (Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam). Karena dulu kawasan Asia tenggara ini adalah satu kerajaan yang sangat besar sehingga memiliki rumpun bahasa yang hampir sama.
Pencak Silat ini telah menyebar di Nusantara sejak abad ke-7 Masehi dimana di setiap daerah memilikibeberapa perbedaan jurus. Namun persamaannya adalah dari pakaian, senjata dan alat penabuh (kendang silat dan terompet), karena hampir di setiap daerah para Pendekar Pencak Silat ini berpakaian hitam, tanpa senjata atau bersenjatakan golok, dan alat penabuh seperti kendang dan terompet.
Karena penduduk Nusantara termasuk masyarakat agraris yang hubungan sosialnya dilaksanakan dengan sistem peguyuban, maka kedekatan dengan Yang Maha Pencipta (Tuhan YME) sangat diutamakan, sang pendekar harus mempunyai keimanan, warna hitam adalah simbol dari kedekatan manusia dengan Tuhan YME, sehingga para pendekarpun memakai pakaian hitam sebagai simbol kedekatan mereka dengan Tuhannya. Sedangkan senjata yang sering digunakan oleh para pendekar Pencak Silat adalah golok dan cerulit, itupun tergantung tempat dan keadaan alam.
Lalu, ada tambahan lagi dalam Pencak silat ini yaitu alat penabuh (penyemangat) yaitu kendang dan terompet. Karena Pencak silat adalah seni bela diri maka ciri khas Pencak Silat adalah selalu diikuti tabuhan gendang dan terompet.
Falsafah Pencak Silat dinamakan falsafah budi pekerti luhur. Hal ini disebabkan karena falsafah ini mengandung ajaran budi pekerti luhur. Falsafah budi pekerti luhur berpandangan bahwa masyarakat "tata-tentrem karta-raharja" (masyarakat yang aman-menentramkan dan sejahtera-membahagiakan) dapat terwujud secara maksimal apabila semua warganya berbudi pekerti luhur. Karena itu, kebijaksanaan hidup yang harus menjadi pegangan manusia adalah membentuk budi pekerti luhur dalam dirinya.
Budi adalah dimensi kejiwaan dinamis manusia yang berunsur cipta, rasa dan karsa. Ketiganya merupakan bentuk dinamis dari akal, rasa dan kehendak. Pekerti adalah budi yang terlihat dalam bentuk watak. Semuanya itu harus bersifat luhur, yakni ideal atau terpuji. Yang ingin dicapai dalam pembentukan budi pekerti luhur ini adalah kemampuan mengendalikan diri, terutama di dalam menggunakan "jurus".
"Jurus" hanya dapat digunakan untuk menegakkan kebenaran, kejujuran dan keadilan dalam rangka menjunjung tinggi nilai-nilai dan kaidah-kaidah agama dan moral masyarakat maupun dalam rangka mewujudkan masyarakat "tata-tentrem karta-raharja." Dalam kaitan itu falsafah budi pekerti luhur dapat disebut juga sebagai Falsafah pengendalian diri.
Dengan budi pekertinya yang luhur atau kemampuan pengendalian dirinya yang tinggi, manusia akan dapat nemenuhi kewajiban luhurnya sebagai mahluk Tuhan, mahluk pribadi, mahluk sosial dan mahluk alam semesta, yakni taqwa kepada Tuhannya, meningkatkan kualitas dirinya, menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan sendiri dan mencintai alam lingkungan hidupnya. Manusia yang demikian dapat disebut sebagai manusia yang taqwa, tanggap, tangguh, tanggon dan trengginas. Manusia yang dapat memenuhi kewajiban luhurnya adalah manusia yang bermartabat tinggi.
Jadi Kalau kamu-kamu ingin belajar Pencak Silat, maka kamu ahrus mempunyai keimanan yang kepada Tuhan YME, dan keinginan yang sungguh-sungguh. Banyak sekali pendopo Pencak Silat di Indonesia ini, tidak kalah dengan pendopo Karate atau Taekwondo (kalau di tarungin kalahan yang mana ya? :D)
Penulis pernah ikut salah satu Perguruan Pencak Silat yang berada di Bandung Selatan. Lumayan lah menambah pengalaman lagipula saya senang sekali dengan seni beladiri. Sudah pernah beebrapa kali ikutan lomba, yang terakhir aku juara Harapan II hehe.. Lumayan Ya...

Ini dia organisasi Pencak Silat yang ada di Dunia:
PERSILAT- Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa
IPSI - Ikatan Pencak Silat Indonesia
PESAKA Malaysia - Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia
PERSISI - Persekutuan Silat Singapore
EPSF - European Pencak Silat Federation
 Kalau mau lebih tahu organisasinya tinggal klik aja ya! (chen)

Berita Terkait



0 komentar:

Dengan Mengklik Link Dibawah ini, berarti anda telah Menyumbang Warungnet Agar Lebih Baik! Terima Kasih.

Search